Sabtu, 27 Juni 2015

Dari gereja jadi masjid, dari masjid jadi gereja

Dari gereja jadi masjid, dari masjid jadi gereja

26 Jun 2015 Sumber 


Dari gereja jadi masjid, dari masjid jadi gereja
Museum Hagia Sophia di Turki. ©turkeytravelresource.com

Merdeka.com - Banyak bangunan bersejarah yang kini berubah fungsinya. Ada yang dulunya masjid, kini berubah menjadi gereja. Demikian juga sebaliknya, banyak gereja yang berubah menjadi masjid.

Misalnya, saat Islam menguasai Spanyol ribuan tahun yang lalu, Sebuah masjid fenomenal dibangun di sana, masjid Cordoba. Namun saat ini masjid bersejarah tersebut berubah fungsinya menjadi katedral.

Pada 15 Desember 1994, Masjid Besar Kordoba, Spanyol ini ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu tempat peninggalan bersejarah di dunia. Gedung masjid ini juga pernah diubah fungsi menjadi gereja, sekarang keseluruhan bangunan ini diubah fungsi menjadi gedung katedral diosese Cordoba di Spanyol.

Pada zaman khalifah Umayyah, sebuah kota di Spanyol, Sevilla pernah dijadikan pusat dari raja-raja kekhalifahan Umayyah dan merupakan salah satu kota terindah di jantung Spanyol. Sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, kota ini memiliki arsitektur yang masih kental dengan nafas Islam. Anda bisa mengunjungi Katedral Giralda, yang dulu pernah dikenal sebagai Masjid Agung.

Mana saja bangunan-bangunan megah di dunia yang dulunya adalah masjid lalu berubah menjadi gereja, dan juga sebaliknya? Berikut penelusuran merdeka.com, Kamis (11/7):

Tidak ada komentar:

Posting Komentar